DATA ANALYSTICS

https://www.pointstar.co.id/blog/apa-itu-data-analytics/
https://mmsi.binus.ac.id/2019/11/26/jenis-jenis-data-analytics/
https://www.soltius.co.id/id/blog/pengertian-dan-kegunaan-data-analytics






1. Pengertian Data Analytics        [kembali]

Data Analytics (DA) merupakan proses inspeksi serangkaian data yang berguna untuk mendapatkan kesimpulan dari informasi yang ada dan meningkatkan sistem pada software. Teknologi data analytics dan teknik digunakan di industri komersial yang memudahkan perusahaan mendapatkan hasil akhir yang lebih baik dan akurat.

Secara istilah, data analytics diartikan sebagai rangkaian aplikasi mulai dari Basic Business Intelligence (BI), Reporting and Online Analytical Processing (OLAP) dan beberapa fitur analytic yang lebih canggih. Dari pemahaman tersebut, DA dapat diartikan sebagai proses sederhana bisnis analytics, istilah umum lainnya yang mendekati dengan data analisis dengan orientasi bagi pengguna bisnis, di mana data analytics memiliki fokus yang lebih luas.

Inisiasi DA bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan pendapatan, meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan program marketing dan upaya layanan pelanggan, merespon dengan cepa tren di pasar dan bersaing dengan lawan dengan meningkatkan performa bisnis. Tergantung dari aplikasinya, data yang telah dianalisa berisi baik rekaman riwayat atau informasi baru yang telah diproses sesuai dengan kebutuhan real-time pengguna. Sebagai tambahan, data analytics bisa berupa campuran dari sumber data sistem internal dan eksternal.


2. Jenis-Jenis Data Analytics        [kembali]

Berdasarkan hasilnya data analytics terbagi menjadi tiga jenis yaitu descriptive analytics, predictive analytics, dan prescriptive analytics (SAS, 2016).

·       Descriptive analyticsadalah proses data analytics untuk mendapatkan gambaran umum dari data yang sudah dikumpulkan. Ini adalah model yang akan membantu untuk memahami apa yang terjadi dan mengapa. Contoh dari descriptive analytics adalah Google Analytics. Pada Google Analytics hanya bisa melihat informasi sederhana seperti ada berapa jumlah visitor per satuan waktu, halaman mana saja yang paling sering dikunjungi. Analisis deskriptif tidak menampilkan prediksi halaman apa yang akan dikunjungi pengunjung berikutnya atau kenapa seorang pengunjung mengunjungi suatu halaman.

·       Predictive analytics adalah data analytics yang memberikan hasil prediksi tentang sesuatu yang akan datang dengan peningkatan daya komputasi dengan kemampuan menjalankan ratusan atau ribuan model dengan cepat dan adopsi teknik prediktif seperti support vector machines, neural networks dan random forests. Model-model ini menggunakan data masa lalu dan algoritma prediksi untuk membantu dalam menentukan probabilitas dari apa yang akan terjadi berikutnya. Contohnya adalah sistem rekomendasi yang dipakai di situs e-commerce Dari data pengunjung dan pembelian, maka bisa diperkirakan barang apa saja yang pengunjung sekiranya tertarik untuk membeli. Pada analytics jenis ini mulai diperlukan machine learning untuk menafsirkan data yang telah dikumpulkan sehingga tidak bisa langsung melakukan operasi penjumlahan atau rata-rata seperti pada descriptive analytics.

·        Prescriptive analytics adalah proses analytics yang menghasilkan jawaban atas pertanyaan kenapa sesuatu akan terjadi serta memberikan saran terhadap kondisi yang kemungkinan akan terjadi dimasa yang akan datang. Kunci untuk prescriptive analytics adalah mampu menggunakan data besar, data kontekstual dan banyak daya komputasi untuk menghasilkan jawaban secara real time. Karena kemampuannya inilah prescriptive analytics sangat diperlukan oleh top-level manajemen dalam mengambil keputusan. Dalam prosesnya cukup sulit untuk membuat sistem yang menggunakan analytics preskriptif mengingat algoritmanya harus benar-benar dapat melihat yang tak terlihat dari hasil analytics Selain itu juga mempertimbangkan semua opsi untuk pengambilan keputusan. Untuk mencapai hal ini machine learning sudah pasti menjadi hal yang mutlak digunakan.


3. Kegunaan Data Analytics        [kembali]

Berikut ini berbagai kegunaan data analytics bagi sebuah perusahan:

        ·       Mempermudah Perhitungan Statistik

Data statistika merupakan salah satu data yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Setiap hari, para karyawan harus mengolah data-data tersebut untuk digunakan dalam menunjang bisnis yang dijalankannya. Pekerjaan para karyawan dalam menghitung ataupun menganalisa data-data tersebut akan semakin mudah berkat adanya data analytics.

        ·       Menjadikan Waktu Perhitungan Semakin Efisien

Jika sebelumnya para karyawan harus berlama-lama dalam mengerjakan perhitungan dan analisa data karena masih menggunakan cara manual, maka kini hal tersebut tidak akan terjadi lagi.  Sebab, kini telah hadir data analytics yang mampu menjadikan waktu untuk menganalisa data-data, terutama yang berkaitan dengan data statistika lebih efisien.

Waktu perhitungan yang semakin efisien juga dirasa mampu meningkatkan kinerja dari para karyawan karena mereka tak akan berkutat pada satu pekerjaan saja sehingga dapat melakukan lebih banyak pekerjaan. Saat kinerja para karyawan semakin meningkat, maka kinerja perusahan pun akan ikut meningkat.

        ·       Memberikan Solusi untuk Kepentingan Bisnis

Data analytics juga berperan penting dalam membantu perusahaan dalam mencari solusi bagi kepentingan bisnisnya. Solusi-solusi yang didapatkan berasal dari hasil perhitungan data statistik yang telah dianalisa sebelumnya. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah dalam mengambil keputusan-keputusan yang dapat digunakan untuk menunjang kepentingan perusahaan tersebut.

        ·       Hasil Perhitungan yang Akurat dan Reliabel

Penggunaan data analytics menjadikan hasil perhitungan data stastika menjadi lebih akurat dan reliabel atau dapat dipercaya. Adanya data statistics dirasa sangat menguntungkan bagi perusahaan karena dapat mengurangi risiko kesalahan dalam proses analisa data statistika.

        ·       Dapat Membantu Riset Pasar dari Sebuah Bisnis

Perusahaan harus melakukan riset pasar untuk kelancaran bisnis yang dijalankan. Dengan adanya riset pasar, perusahaan akan mengetahui keingingan dan kemampuan pasar dalam merespon produk dari perusahan tersebut. Untuk memudahkan proses riset pasar, perusahaan harus mulai menerapkan teknologi yang tepat. Karena itulah, kini banyak perusahaan menerapkan data analytics untuk memudahkan proses riset pasarnya.

 

4. Video        [kembali]


- Teknik Kualitatif




-Teknik Kuantitatif



No comments:

Post a Comment